Manado  

YSK-JVM dan E2L-HJP Resmi Daftar di KPU Sulut, Dikawal Ketat oleh Bawaslu Sulut

banner 120x600
banner 550x60

Hari Kedua Pendaftaran Pilgub Sulut 2024: YSK-JVM dan E2L-HJP Resmi Daftar di KPU Sulut

MANADO, Portal24.id – Pada hari kedua pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) 2024, KPU Sulut memulai proses pendaftaran sejak pukul 08.00 hingga 16.00 Wita, Rabu (28/08/2024).

banner 325x300

Dua pasangan calon, Yulius Selvanus Komaling dan Johanis Victor Mailangkay (YSK-JVM), serta Elly Engelbert Lasut dan Hanny Joost Pajouw (E2L-HJP), resmi mendaftarkan diri untuk Pilgub Sulut 2024.

YSK-JVM Didaftarkan dengan Dukungan Delapan Partai Politik

Pasangan calon Yulius Selvanus Komaling dan Johanis Victor Mailangkay (YSK-JVM) yang didukung oleh delapan partai politik—Partai Gerindra, Nasdem, Golkar, PKB, PKS, PAN, Perindo, dan PSI—tiba di kantor KPU Sulut pada pukul 09.00 Wita.

Mereka mengenakan pakaian adat Minahasa, didampingi ratusan pengurus, kader, dan pendukung. Selama hampir tiga jam, berkas kelengkapan persyaratan mereka diteliti oleh KPU dan diawasi oleh Bawaslu Sulut.

Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan, menyatakan bahwa dokumen pasangan YSK-JVM telah diterima dan akan diverifikasi lebih lanjut. “Kami sudah menerima dokumen dan memeriksa di bawah pengawasan Bawaslu. Kebenarannya akan kami verifikasi secara administrasi,” ujarnya.

E2L-HJP Tiba di KPU dengan Ribuan Pendukung

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara, Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Hanny Joost Pajouw (HJP), tiba di KPU Sulut pada pukul 15.15 Wita. Mereka diiringi tarian Kabasaran dan Barongsai, serta ribuan pendukung yang sudah memadati area KPU sejak siang hari.

Pasangan ini mengenakan kemeja putih serasi dan dengan antusias menyapa para pendukung sebelum melanjutkan proses pendaftaran.

E2L-HJP, yang didukung oleh Partai Demokrat, Partai Buruh, Partai PBB, dan Partai PKN, juga dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan pendaftaran. “Semua dokumen dinyatakan lengkap dan benar,” kata Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan, setelah memeriksa berkas mereka.

Bawaslu Sulut Apresiasi Kinerja KPU dalam Proses Pendaftaran

Selama proses pendaftaran dua hari ini, Bawaslu Provinsi Sulut melakukan pengawasan ketat untuk memastikan tidak ada pelanggaran, baik oleh ASN maupun penggunaan fasilitas negara. Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles, menutup pendaftaran hari kedua dengan menyatakan bahwa tidak ditemukan adanya pelanggaran selama proses tersebut.

“Kami telah melakukan pengawasan hingga hari kedua dan tidak menemukan adanya dugaan pelanggaran. Kami mengapresiasi kerja KPU Sulut yang telah menjalankan tugas dengan baik, terbuka, dan transparan, yang dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat dan pihak terkait,” ujar Ardiles.

Dengan selesainya pendaftaran pada hari kedua ini, proses verifikasi administrasi akan dilakukan untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran dokumen dari pasangan calon yang telah mendaftar untuk Pilgub Sulut 2024.

banner 325x300
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *