Wali Kota Mengukuhkan 3 Kelompok Tani di Tomohon, Ini Harapannya

banner 120x600
banner 550x60

Tomohon – Portal24.id – Wali Kota Tomohon Carrol Senduk, mengukuhkan 3 kelompok tani di Kota Tomohon.

Ketiga kelompok tani tersebut yakni, kelompok tani banteng victory, kelompok tani milenial batang dan kenaikan kelas kelompok tani Alfa omega.

banner 325x300

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Perkebunan Pah’kontaan hang terletak di Kelurahan Tumatangtang, Kota Tomohon, Jumat (28/5/2021).

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan, Pertanian di Kota Tomohon menjadi andalan perekonomian di Provinsi Sulawesi Utara dan daerah sekitarnya.

“Oleh karena itu pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas dan merupakan sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah,” ujar Senduk.

Lanjutnya, hal ini sesuai dengan Visi : Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera, dan Misi : Memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga berharap dengan adanya kelompok-kelompok tani ini, secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan di Kota Tomohon.

“Sehingga kemajuan perekonomian Kota Tomohon khususnya Kelurahan Tumatangtang dapat semakin memperkokoh ketahanan dan kedaulatan pangan dalam masyarakat,” harapnya.

Selanjutnya dalam kepengurusan kelompok tani, agar senantiasa memahami arah dan tujuan terbentuknya kelompok tani, diantaranya untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota dan produktifitasnya.

Serta menjalankan fungsi utamanya, sebagai wadah bersama bagi anggota untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan memanfaatkan teknologi pertanian untuk kehidupan yang lebih baik.

“Kelompok tani saat ini harus menanamkan filosofi berpikir produktif dalam menanam, selektif memilih jenis tanaman pertanian, varietas unggul dan prospek pasarnya cerah dan mengolah serta memberdayakan lahan-lahan tidur untuk ketahanan pangan,” ucapnya.

Kata Wali Kota, kelompok tani Banteng Victory, kelompok tani Alfa Omega dan kelompok tani Millenial Batamang harus benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memperoleh wawasan luas mengenai pertanian dengan penguasaan teknologi pertanian, akses pupuk dan permodalan serta pemasaran.

Karena itu dalam meningkatkan pertanian maka kita diharapkan untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan Dinas Pertanian Kota Tomohon serta pihak-pihak terkait lainnya.

“Saya mengapresiasi kaum millenial yang punya rasa keterpanggilan untuk mengambil bagian dalam pemajuan perekonomian Kota Tomohon dalam bidang pertanian. Mari manfaatkan sumber daya alam di sekitar kita dengan mengolah dan mengunakan pupuk organik lokasi untuk keamanan pangan di daerah kita sendiri, pembuatan pupuk organik diupayakan untuk dapat di buat di seluruh Kecamatan se Kota Tomohon,” harap Wali Kota.

Senduk juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan mekanisasi alat-alat pertanian pemerintah Kota Tomohon, karena itu semua untuk menunjang dan memudahkan para petani dalam mengelola lahannya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut yakni, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene, DEA, Kadis Pertanian dan Perikanan Daerah Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP, Camat Tomohon Selatan Stenly C. Mokorimban, SH, serta Anggota Kelompak Tani yang akan dikukuhkan.

Penulis : Faldo Kumaat
Editor: Jufry Mantak

banner 325x300
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *