KPU Kota Tomohon dan Upaya Validasi Data Pemilih Pilkada 2024

banner 120x600
banner 550x60

TOMOHON, Portal24.id – KPU Kota Tomohon menghadiri Rapat Koordinasi Analisa Data Ganda dan Invalid menuju penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2024 yang diselenggarakan di Yogyakarta pada 3-7 Agustus 2024.

Acara penting ini dibuka oleh Ketua KPU Mochammad Afifuddin, dengan kehadiran anggota KPU lainnya, seperti Betty Epsilon Idroos, Idham Holik, Yulianto Sudrajat, dan Parsadaan Harahap.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Afif menekankan betapa pentingnya validasi data pemilih Pilkada 2024 agar data yang digunakan benar-benar valid, akurat, mutakhir, dan inklusif.

KPU Kota Tomohon Hadiri Rakornas Sosdiklihparmas di Surabaya

KPU tidak bisa bekerja sendiri, sehingga diperlukan koordinasi dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri, Kemenkumham, Bawaslu, serta pemangku kepentingan lainnya untuk menghasilkan data pemilih yang berkualitas.

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, yang hadir sebagai Keynote Speaker, memberikan apresiasi atas kerja keras KPU dalam mempersiapkan Pemilu 2024. Ia juga mengingatkan agar KPU terus meningkatkan kualitas kerja dan tidak cepat berpuas diri.

Betty Epsilon Idroos menekankan pentingnya pemeriksaan ulang terhadap data pemilih ganda dan data invalid, baik antar provinsi maupun internal provinsi.

Pengawasan Pilkada: Zulkifli Densi Jelaskan Strategi Bawaslu di Rapat Koordinasi Bitung

Data ini harus dicocokkan dengan data kependudukan untuk memastikan akurasi. Betty juga mengingatkan agar data pemilih di lokasi khusus segera disampaikan ke KPU RI sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Acara ini juga diisi dengan diskusi panel yang menampilkan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama Pemasyarakatan Kemenkumham Marselina Budiningsih, serta Pranata Komputer Ahli Madya Ditjen Dukcapil Kemendagri Hera Mutiara sebagai narasumber.

Hadir pula Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Setjen KPU, M. Syahrizal Iskandar, serta Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Provinsi D.I Yogyakarta, bersama perwakilan KPU dari seluruh Indonesia, termasuk admin/operator Sidalih.

HGP dan BYCS Tersangka Kasus Korupsi DAK Dipindahkan ke Manado untuk Sidang Tipikor

Rapat Koordinasi Pilkada 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akurasi data pemilih Pilkada 2024 untuk memastikan kesuksesan pemilu mendatang.

banner 325x300
banner 728x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *